weLComE tO wINdU's bLOg
Strategi-strategi Elaborasi
Elaborasi adalah proses penambahan rincian sehingga informasi baru akan menjadi lebih bermakna, oleh karena itu membuat pengkodean lebih mudah dan memberikan kepastian. Strategi elaborasi membantu pemindahan informasi baru dari informasi jangka pendek ke memori jangka panjang dengan menciptakan gabungan dan hubungan antara informasi dan apa yang telah diketahui.
Pembuatan Catatan
Pembuatan Catatan membantu mengorganisasikan informasi sehingga informasi itu dapat diproses dan dikaitkan dengan pengetahuan yang telah ada secara lebih efektif. Pembuatan Catatan yang efektif,
menangkap ide-ide pokok suatu presentasi dalam kata-kata mereka sendiri dalam bentuk kerangka sedemikian rupa sehingga mereka lebih banyak menyisihkan waktu untuk memahami presentasi dengan mensintesakan dan merangkum poin-poin dan ide-ide penting. Kiewra(1989) telah menyarankan penggunaan Pembuatan Catatan secara matriks sebagai suatu cara pengelaborasian dan pembuatan perbandingan untuk informasi kompleks.
Analogi
Analogi adalah pembandingan yang dibuat untuk menunjukkan kesamaan antar ciri-ciri pokok sesuatu benda atau ide-ide, selain cirri-ciri itu seluruh cirinya yag lain berbeda, seperti analogi antara jantung dengan pompa.
PQ4R
Metode ini digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yng mereka baca. Siswa yang menggunakan PQ4R akan diperintah untuk mendekati  suatu tugas bacaan dengan menggunakan langkah-langkah berikut ini:
Preview ( baca selintas dengan cepat) tugas membaca tersebut. Perhatikan judul-judul dan topic utama, baca tinjauan umum dan rangkuman dan ramalkan bacaan tersebut akan membahas tentang apa. Question (ajukan pertanyaan- pertanyaan) yang jawabannya dapat ditemukan di dalam bacaan tersebut. Read (bacalah) bahan tersebut. Berikan perhatian pad aide-ide utama dan carilah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Refleksi ( ciptakan gambaran visual dari bacaan. Cobalah untuk menghubungkan informasi baru didalam bacaan dengan apa yang telah anda ketahui. Lakukan Resitasi dengan menjawab dengan suara keras pertanyaan- pertanyaan yang diajukan tersebut tanpa membuka buku. Hafalkan fakta-fakta pentingl lain yang terdapat didalam bacaan dengan suara keras atau pelan. Review dengan mengulang kembali seluruh bacaan, baca ulang bila perlu, dan sekali lagi jawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

1 komentar:

  1. Pengguanaan strategi memang sangat penting untuk memudahkan siswa dalam belajar. Dari keempat stategi di atas, strategi yang manakah yang paling efektif diterapkan untuk pelajaran IPA?

    BalasHapus