weLComE tO wINdU's bLOg
STRATEGI-STRATEGI BELAJAR KOGNITIF
Ada beberapa macam strategi-strategi belajar kognitif yang dapat dilakukan, agar siswa mampu memproses dan menerima informasi yang diberikan oleh guru. Strategi-strategi tersebut diantaranya seperti strategi-strategi Mengulang, strategi-strategi Elaborasi, strategi-strategi Organisasi, dan strategi-strategi Metakognitif. Pertama kali akan kita bahas tentang strategi-strategi Mengulang.
 Strategi-strategi Mengulang
Strategi-strategi yang digunakan untuk proses pengkodean disebut Strategi mengulang atau rehearsal strategies, yang terdiri dari jenis : mengulang sederhana atau rote rehearsal dan mengulang kompleks atau complex rehearsal. Strategi mengulang yang paling dasar, yaitu sekedar mengulang dengan keras atau dengan pelan informasi yang ingin kita hafal. Strategi ini disebut mengulang sederhana, dan digunakan untuk menghafal nomor telepon dan arah ke suatu tempat tertentu untuk suatu periode waktu yang pendek, misalnya ketika kita tidak memiliki pensil atau kertas untuk menuliskan informasi tersebut. Hanya dengan mengulang informasi secara terus menerus akan membantu mempertahankan informasi sederhana tetap berada di dalam memori jangka pendek, namun kecuali kita mengelaborasi informasi tersebut. Penyerapan bahan lebih kompleks memerlukan strategi mengulang kompleks yang perlumelakukan upaya lebih jauh dari sekedar mengulang informasi. Mengulang kompleks terdiri atas menggarisbawahi dan membuat catatan pinggir.
Menggarisbawahi
Menggarisbawahi membantu siswa belajar lebih banyak dari teks karena:
1.       Menggarisbawahi secara fisik menemukan ide-ide kunci
2.       Proses pemilihan apa yang digarisbawahi membantu dalam menghubungkan informasi baru dengan pengetahuan yang telah ada.
Catatan- Catatan pinggir
Jenis-jenis Catatan yang bisa digunakan siswa yaitu seperti menandai definisi, melingkari kata-kata yang tidak diketahui, menempatkan tanda asterik didekat ide penting, menandai kemungkinan keluar diulangan, memberi nomor daftar (ide-ide kunci, penyebab, alasan), Catatan pada kalimat yang membingungkan, menandai pernyataan rangkuman, Catatan persamaan dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar